April 25, 2018 Ensiklopedia Sains Islami | Pustaka Pelangi

Terapi Pengobatan dengan Abu

Ensiklopedia Sains Islami | Pustaka Pelangi

Tahukah anda bahwa abu dapat bermanfaat bagi kesehatan kita?

 

Diantara kita tentu pernah membakar sampah daun atau ranting-ranting pohon dan hasil pembakarannya menjadi abu. Tapi apakah abu ini benar bermanfaat untuk kesehatan?

Beberapa masyarakat Indonesia khususnya masih memasak secara tradisional menggunakan bahan bakar kayu. Dan biasanya abu hasil pembakaran biasa kita kenal “Abu Gosok”, karena diperuntukan untuk menggosok alat-alat rumah tangga. Tapi apakah abu dari pembakaran ini yang bermanfaat bagi kesehatan?

Diriwayatkan dari Sahl Ra, ia pernah ditanya soal luka-luka Nabi Saw. Pada waktu Perang Uhud, Lalu ia jawab:

“Nabi Saw mengalami luka-luka di bagian wajah, gigi, antara gigi seri dan gigi taring beliau patah,dan kepala beliau terbentur topi baja. Fatimah As. Sibuk menyeka darah (yang keluar dari luka-luka tersebut) sementara Ali berusaha menyumbatnya (agar tidak keluar). Ketika melihat darah tetap keluar begitu banyak, Fathimah lantas mengambil tembikar lantas membakarnya sampai jadi abu, kemudian melepakannya (pada luka beliau). Maka darah pun langsung mampet (tidak keluar lagi).

Menurut Muwaffiq Al-Baghdadi, Al Kahhal bin Tharkhan dan Ibnu Qayyim, yang dimaksud tembikar dalam Hadist di atas bukanlah sembarang tembikar, melainkan hanya (tembikar) yang terbuat dari pohon lontar, Karena pohon lontar memiliki daya pengering yang berdaya bakar rendah. Jika suatu zat pengering memiliki daya bahan bakar tinggi (kuat), maka ia justru akan memanaskan darah dan mengakibatkan bengkak.

Dengan buku ini, Kita bisa memperoleh informasi dalam Hadist Nabi yang memiliki manfaat bagi kesehatan umat,dan didukung oleh penelitian-penelitian para pakar.

Semoga makin menambah keimanan terhadap Allah SWT yang telah mengatur segala urusan manusia dalam Al-Quran..

Yuk, Koleksi dan cari tahu fakta lainnyanya di buku Ensiklopedia Sains Islami!

 

Sumber:  Ensiklopedia Sains Islami jilid Medis 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *