January 29, 2016 Si Kecil Sudah Bisa Bicara?

Si Kecil Sudah Bisa Bicara?

Apakah si kecil sudah bisa bicara dengan jelas?
Usia berapa si kecil mulai bisa bicara?
Bagaimana membuat si kecil bisa berbicara dengan lancara?

Setiap anak tumbuh dengan tahapan perkembangan sesuai usianya. Masa usia 0-5 tahun yang dikenal sebagai Golden Age adalah masa dimana si kecil menyerap semua hal dari lingkungan sekitarnya dengan sangat cepat serta mengolahnya di dalam sel-sel otak mereka. Di usia itu anak memang sangat peka terhadap rangsangan dan stimulasi dari orangtua. Kemampuan anak berbicara juga sangat dipengaruhi oleh stimulasi yang diterimanya dari lingkungan. 

Pada usia berapa anak mulai bisa berkata-kata? Tidak bisa diberikan patokan secara pasti, karena kembali kepada sebaik apa stimulasi dan rangsangan diterima oleh anak dari lingkungannya. Seorang bayi bisa menyebutkan kata “mama” di usia 9 bulan. Sedangkan bayi lain baru bisa mengucapkannya ketika menginjak usia 2 tahun. Perkembangan bahasa pada setiap anak memang berbeda.

1. Haruskah saya mengajarkan anak saya bicara? 
Akan sangat membantu jika dalam kehidupan sehari-hari, orang tua selalu memberikan mengajarkan anak berbicara kata demi kata sesuai dengan usia si kecil. Meskipun mungkin si kecil belum sungguh-sungguh paham tetapi ajarkanlah anak berbicara dengan cara yang baik sejak awal. Hindari menggunakan “bahasa bayi” berbicaralah seperti seharusnya. berikan penekanan pada kata yang ingin diajarkan. Misalnya ketika sedang memakaikan anak sepatu katakan, “Sekarang Ibu akan memakaikan SEPATU di kaki kirimu…Iya sayang ini dia SEPATU mu” 

2. Kapan mulai mengajarkan bayi bicara? 
Si kecil sudah mulai bisa diajarkan bicara, diperkenalkan dengan kata-kata sejak proses pendengarannya berkembang baik. Secara teori ketika janin memasuki usia 25 minggu. Pada fase terakhir kehamilan, janin sudah dapat membedakan suara yang berbeda-beda. Subhanallah. Jadi sejak si kecil lahir, ia sudah dapat diajarkan bicara. Karena itu meski sikecil belum paham ajaklah ia bicara dengan baik.

3. Bagaimana bayi belajar berbahasa? 
Cara paling mudah adalah dengan memberikan penekanan pada kata-kata sederhana yang ingin diajarkan. Si kecil juga sensitive pada ritme dan rhyme sehingga kita bisa mengajarkan anak berkata-kata dengan kesamaan bunyi misalnya … Bu Bu Bu … Ibu; Ma Ma Ma … Mama, Aya Aya Aya Ayah. Otak bayi pun akan membandingkan tekanan-tekanan dan juga kata-kata. Dengan begitu ia semakin banyak memahami dan kemudian ia bisa berbicara. 

Membacakan cerita dengan kata-kata sederhana adalah salah satu cara mengajarkan berbicara pada anak. Selain itu bisa juga dengan bernyanyi. Nah ayo Bunda, bila sikecil rasanya terlambat berbicara maka kita yang harus lebih kreatif dan rajin memberikan rangsangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *