April 19, 2018 Ensiklopedia Pengetahuan Al-Quran dan Hadits | Pustaka Pelangi

Sanggupkah Berkata 1 Kalimat ini?

Ensiklopedia Pengetahuan Al-Quran dan Hadits | Pustaka Pelangi
Ensiklopedia Pengetahuan Al-Quran dan Hadits | Pustaka Pelangi

Coba anda bayangkan Rasulullah berkata “Kami Dengar, Kami Langgar” dan “Kami Dengar dan Kami Taat”. Mengapa Rasulullah sampai berkata 2 Kalimat tersebut?

Mari kita lihat Sabab Al-Nuzul surat ini yang mengisahkan ketakutannya para sahabat rasulullah,

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا

سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

“Rasulullah telah beriman kepada Al-Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali”. (QS. Al-Baqarah:285)

 

Diriwayatkan oleh Ahmad, Muslim dan lain-lainya dari Abu Hurairah, Katanya:

 “Taktala turun ayat, ‘Dan jika kamu menampakkan apa yang yang terdapat dalam dadamu atau menyembunyikannya, pastilah akan dihisap oleh Allah.’ (QS.Al-Baqarah:284),

Sungguh ayat ini terasa berat oleh para sahabat. Mereka datang kepada Rasulullah Saw. Lalu bersimbuh di atas kedua lutut mereka dan berkata :

‘Ayat ini telah diturunkan kepada engkau, tetapi kami tidak sanggup memikulnya’.

Maka Rasulullah Saw bertanya,”Apakah kalian hendak mengatakan seperti apa yang diucapkan oleh Ahli Kitab sebelum kalian;: ‘Kami dengar dan kami langgar?”

Hendaklah kalian ucapkan, ‘Kami dengar dan kami patuhi. Ampunilah kami wahai Tuhan kami dan Kepada-Mu kami akan kembali.’

Setelah orang-orang itu berusaha membacanya hingga lidah-lidah mereka pun menjadi lunak karenanya, maka Allah pun menurunkan dibelakangnya, ‘Rasulullah telah beriman…..’(QS. Al-Baqarah:285) Sesudah itu, ayat itu dinasakhkan oleh Allah dengan menurunkan ayat: ‘Allah tidak membebani seseorang kecuali menurut kemampuannya…’’’ (QS Al-Baqarah:286)

 

Dari kisah diatas anda dapat mengetahui peristiwa yang dialami oleh para sahabat, dan anda dapat mengetahui sebab musabab turunnya ayat demi ayat Al-Quran yang banyak mengisahkan yang dapat kita ambil ibrah (manfaat).

Milikilah Seri Buku Ensiklopedia Pengetahuan Al-Quran dan Hadist untuk menambah pengetahuan kita, dan cari tahu kisah lainnya

Sumber: Ensiklopedia Pengetahuan Al-Quran dan Hadits Seri 1

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *