April 26, 2018 Ensiklopedia Sains Islami | Pustaka Pelangi

Rahasia Tasbih Mereka yang Tidak Kita Mengerti

Ensiklopedia Sains Islami | Pustaka Pelangi

Ada pandangan menarik tentang alam semesta atau ekosistem terhadap hubungannya dengan wujud Allah Swt.

Tahukah kamu bahwa seluruh makhluk di alam raya baik itu manusia, batu, tumbuh-tumbuhan, hewan, air, udara, dan jenis-jenis makhluk hidup lainnya sejatinya selalu berzikir kepada Allah Swt. Allah Swt berfirman:

تُسَبِّحُ لَهُ السَّمَاوَاتُ السَّبْعُ وَالْأَرْضُ وَمَنْ فِيهِنَّ ۚ وَإِنْ مِنْ شَيْءٍ إِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهِ وَلَٰكِنْ لَا تَفْقَهُونَ تَسْبِيحَهُمْ ۗ إِنَّهُ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا

“Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.” (Al-Israa’ [17]: 44)

Adapun maksud dari arti ayat berikut “Tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka.”

Maksudnya, Kita sebagai manusia, tidak memahami tasbih mereka, karena ia mempunyai bahasa yang berbeda dengan bahasa manusia. Hal itu bersifat umum, berlaku pada hewan, benda-benda, dan juga tumbuh-tumbuhan.

Hal ini merupakan tanda akan kebesaran, kemuliaan, keindahan, dan kesucian Allah swt. Dari sinilah ada hubungannya dengan prinsip ketertundukan atau kepasrahan (Islam) dari seluruh makhluk kepada Allah Swt. Dan semua mahluk eksistensinya selalu lebih rendah dari khaliqnya.

Yuk, Koleksi dan cari tahu fakta lainnyanya di buku Ensiklopedia Sains Islami!

Sumber: Ensiklopedia Sains Islami, Biologi 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *