April 18, 2018 Ensiklopedia Sains Islami | Pustaka Pelangi

Perbedaan Nyata pada Orang yang Bangun Pagi dan Bangun Siang

Ketika kita telah lelah dengan rutinitas sehari-hari, rasanya kita butuh istirahat dan biasanya diisi dengan tidur. Tapi Apakah benar jika bangun siang jadi pribadi malas, padahal mata masih mengantuk?

Dalam Hadits shahih yang diriwayatkan Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah disebutkan bahwa Nabi Saw, Bersabda:

يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلاَثَ عُقَدٍ ، يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ ، فَإِنِ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ ، وَإِلاَّ أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ

“Ketika salah seorang diantara kalian tidur, syetan mengalungi tengkuknya dengan tiga ikatan. Malam yang panjang akan semakin memperkuat setiap ikatan, sehingga tidurlah ia. Jika ia bangun lantas berdzikir kepada Allah (Mengucapkan doa bangun tidur), maka lepaslah satu ikatan itu. Kemudian jika ia wudhu, maka lepaslah lagi satu ikatan. Dan jika ia sholat maka lepaslah semua ikatan tersebut, sehingga ia pun bangun pagi-pagi dengan badan fit (energik) dan nafas harum (jiwa baik). Jika tidak, maka ia kan jelang pagi dengan nafas busuk (jiwa busuk) dan malas-malasan.”

Dari hadits diatas Rasulullah telah mengabarkan bahwa ada perbedaan pada orang yang bangun pagi dan bangun siang.  Ternyata dibuktikan dengan riset ilmiah bahwa kadar tertinggi cortezon dalam darah yang mencapai 7-22 makrogram/100 ml plasma terjadi pada waktu shubuh. Cortezon adalah bahan ajaib yang membekali vitalitas tubuh dengan energi yang dibutuhkannya.

Tidak heran bagi manusia yang bangun pagi-pagi dan menyongsong hari baru dengan semangat dan vitalitas, serta langsung menjalankan aktivitasnya sehari hari pada jam-jam pertama hari, di mana kemampuan berpikir, psikis, dan otot tengah berada pada kondisi yang prima, sehingga bisa memperoleh hasil yang berlipat ganda.

Yuk baca penjelasan lengkapnya di buku #EnsiklopediaSainsIslami jilid Medis 1. Cerita dan informasi apa saja yang ada di semua jilid Ensiklopedia Sains Islami ini? Yuk  koleksi semua jilidnya!

Sumber : Ensiklopedia Sains Islami – Jilid Medis 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *