April 17, 2018 Ensiklopedia Sains Islami | Pustaka Pelangi

Manfaat Dashsyat Membolik-balikkan Badan ke Kanan dan ke Kiri

Dalam benak kita, yang paling kita ingat dari cerita Ashabul Kahfi adalah sekumpulan orang beriman yang melarikan diri dari pemurtadan umat pada waktu itu. Mereka tidur panjang di dalam gua selama 300 tahun, kemudian mereka bangun kembali. Allah menyelamatkan mereka dari tidur panjangnya dengan tetap sehat tanpa luka atau memar pada anggota tubuhnya.

Mengapa bisa manusia biasa tidur panjang dan tidak merusak sel-sel tubuhnya? Bukankah manusia biasa butuh mengkonsumsi makanan dan bergerak  serta menyerap cahaya matahari agar bisa tetap bugar?

وَتَحْسَبُهُمْ أَيْقَاظًا وَهُمْ رُقُودٌ وَنُقَلِّبُهُمْ ذَاتَ ٱلْيَمِينِ وَذَاتَ ٱلشِّمَالِ وَكَلْبُهُم بَٰسِطٌ ذِرَاعَيْهِ بِٱلْوَصِيدِ لَوِ ٱطَّلَعْتَ عَلَيْهِمْ لَوَلَّيْتَ مِنْهُمْ فِرَارًا وَلَمُلِئْتَ مِنْهُمْ رُعْبًا

“Dan kamu mengira mereka itu tidak tidur, padahal mereka tidur; dan Kami bolik-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri, sedang anjing mereka membentangkan kedua lengannya di muka pintu gua. Dan jika kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling melarikan (diri) dari mereka dan pasti kamu akan dipenuhi rasa takut terhadap mereka” (Al KAhfi :18)

Dalam tidur lamanya tersebut mereka dibolak-balikan ke kanan dan ke kiri oleh Allah Sang Pencipta. Apa maksud manfaat dari Allah melakukan hal tersebut?

Dalam Terminology Medis dikenal istilah Bed Sore. Bed Sore (Borok Ranjang) diderita oleh para pasien  yang memaksa mereka harus tetap berada di ranjang dalam kurun waktu yang lama, Misalnya dalam kasus keretakakan rongga panggul, Keretakan tulang belakang, Kelumpuhan, atau berbagai kondisi koma yang lama.

Tidak ada  terapi tertentu  untuk mencegah terjadinya Bed Sore  (borok ranjang) ini, Kecuali: Membolak-balikan tubuh pasien dari waktu ke waktu dengan selisih waktu pembalikan yang tidak melebihi dua jam.

Barangkali inilah rahasia Allah SWT membolak-balikan para pemuda Ashabul Kahfi yang tertidur di dalam gua selama 300 tahun agar mereka tetap terjaga dan tidak terkena penyakit ini.

Dengan membaca ensiklopedia sains islami ini saya semakin takjub, takjub terpukau terhadap kuasa Allah dan terhadap Islam. Cerita dan informasi apa saja yang ada di semua jilid Ensiklopedia Sains Islami ini? Yuk miliki paket bukunya!

Melalui  Ensiklopedi Sains Islami ada 9 Jilid yaitu Fisika, Biologi 1, Bolologi 2, Medis 1, Medis 2, Geografi, Sejarah, Yurispudensi, dan Sosiologi. Teman-Teman akan mengetahui betapa banyak informasi sains yang belum kita ketahui.

Yuk baca penjelasan lengkapnya di buku #EnsiklopediaSainsIslami jilid Medis 1

Sumber : Ensiklopedia Sains Islami – Jilid Medis 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *