April 16, 2018 Ensiklopedia Sains Islami | Pustaka Pelangi

Kisah Nyamuk Yang Dianggap Remeh

Terkadang manusia menganggap remeh mahluk yang memiliki bentuk fisik yang begitu kecil. Percaya atau tidak seorang manusia dapatmeninggal dunia karena meremehkan apa yang ia sepelekan?

Alkisah, Ketika melintas dihadapan seorang raja, orang-orang yang melihatnya langsung mengejek. Serta-merta nyamuk langsung berulah, mengusik sang raja. Nyamuk kemudian melumpuhkan tangannya, menundukkannya, membelah pipinya, dan merobek kulitnya. Tombaknya adalah belalainya.

Ia sang nyamuk bisa merendahkan kelemahanmu walaupun kamu memiliki kekuatan dan semangat membaja.

Ia bisa menumpahkan darahmu walaupun kamu memiliki tentara yang tak terhitung jumlahnya.

Ia bisa merobohkan tekad sedangkan ia hanya mengibaskan sayapnya.

Ia bisa melumpuhkan kekuatan sedangkan ia hanya seekor nyamuk.

Allah SWT Berfirman,

إِنَّ اللَّهَ لَا يَسْتَحْيِي أَنْ يَضْرِبَ مَثَلًا مَا بَعُوضَةً فَمَا فَوْقَهَا فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا فَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ وَأَمَّا الَّذِينَ كَفَرُوا
فَيَقُولُونَ مَاذَا أَرَادَ اللَّهُ بِهَٰذَا مَثَلًا يُضِلُّ بِهِ كَثِيرًا وَيَهْدِي بِهِ كَثِيرًا وَمَا يُضِلُّ بِهِ إِلَّا الْفَاسِقِينَ

“Sesungguhnya Allah tidak segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?. Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik.”(Al-Baqarah:26)

Dari ayat tersebut Allah hanya ingin menunjukkan kepada kita kehebatan dan kekuasaan-Nya dan kelemahan kita melawan mahluknya yang paling lemah sekaligus menunjukkan bahaya besar yang dibawa hewan kecil ini.

Nyamuk membawa beragam virus dan hewan parasit yang berbahaya bagi manusia dan hewan yang lain. Dialah aktor yang berada di balik sejumlah bencana wabah yang menelan nyawa jutaan manusia.

Selain nyamuk , ilmu pegetahuan modern juga telah menemukan makhluk kecil yang memiliki bahaya yang sama atau bahkan lebih berbahaya, kendatipun bentuknya lebih kecil dari nyamuk antara lain hewan parasit, baksil, bakteri, dan virus.

Data dan informasi mengenai nyamuk dan makhluk hidup yang lebih kecil dari pada nyamuk (mikroorganisme) baru diketahui perannan dalam menyebarkan penyakit baru dapat didulang setelah ditemukannya mikroskop pada awal abad ke-20. Allah SWT telah mengabarkan lebih
dulu dari penemuan tersebut dalam Al-Quran. Allahuakbar!

Yuk baca penjelasan lengkapnya di buku #EnsiklopediaSainsIslami jilid Medis 1.

Sumber : Ensiklopedia Sains Islami – Jilid Medis 1

www.pustakapelangi.com
cs.pustakapelangi@gmail.com
WA : 0813 3030 2767

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih detail ...

Ngobrol di WhatsApp yuk!