September 13, 2017 Ensiklopedi Bocah Muslim

Ensiklopedi Bocah Muslim: Fakta menarik tentang tumbuhan kaktus

Tumbuhan memberi banyak manfaat kepada semua penghuni Bumi ini. Ilmu tumbuhanlah yang pertama kali diajarkan Allah SWT kepada Nabi Adam a.s. di surga.

Allah SWT menciptakan tumbuhan dalam berbagai bentuk dan ukuran. Ada tumbuhan yang sangat kecil dan hanya dapat kita lihat dengan menggunakan mikroskop. Tetapi, ada juga tumbuhan yang sangat besar. Ada tumbuhan yang hidup di lembah, ada juga tumbuhan yang hidup digurun. Salah satunya adalah kaktus.

Tau gak sih kenapa batang kaktus tebal dan berdaging?

Jawabannya…. karena kaktus menyimpan air di batangnya. Hal ini berguna untuk menghemat air di tempat kering. Allah SWT menghiasi setiap tempat dengan tumbuhan yang indah dan bermanfaat. Dia juga memberi makhluk itu kemampuan khusus agar dapat menyesuaikan diri dengan tempat tinggalnya, seperti halnya kaktus ini.

Pasti, tidak ada yang berani mencuri air dari tubuhnya. Semua binatang takut tertusuk duri tumbuhan ini. Tetapi… aneh! Si Unta tetap saja berani memakannya. Ternyata, duri pada kaktus sebetulnya adalah daun. Daun, kok, kecil? Karena jika daunnya lebar, pastilah banyak air yang menguap.

Tahukah Ayah-Bunda, ternyata ada kaktus yang berukuran sangat besar, namanya Kaktus Saguaro. Ukuran kaktus ini bisa mencapai sekitar 16 meter loh… luar biasa ya tingginya. Tapi, masih ada lagi tumbuhan yang lebih tinggi dari pada kaktus ini. Penasaran? Yuk langsung dibuka paket buku Ensiklopedi Bocah Muslim jilid Tumbuhannya yaaa.

Belum punya paket buku Ensiklopedi Bocah Muslim?

Jangan lupa kunjungi media sosial kami:
Fanpage FB: Pustaka Pelangi
Website: pustakapelangi.com
Instagram: @pustakapelangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan pilih team kami ...

Ngobrol di WhatsApp yuk!