April 26, 2018 Ensiklopedia Sains Islami | Pustaka Pelangi

Fakta Menakjubkan Tentang Menanam Pohon

 

 

Ensiklopedia Sains Islami | Pustaka Pelangi

 

Sebagian dari anda pasti pernah memberikan uang, barang, atau harta lainnya kepada yang membutuhkan sebagai sedekah, tapi tahukah anda bahwa Allah Swt telah memberikan kemudahan kepada kita dalam bersedekah?

Salah satu prinsip Islam yang penting seputar lingkungan hidup adalah perhatian yang mendalam tentang menanam pohon. Allah Swt berulangkali mengingatkan kemudahan yang telah Dia berikan kepada manusia dan menghitungnya sebagai suatu karunia:

“Dan Dialah yang menurunkan air dari langit, dan lalu Kami keluarkan tumbuh-tumbuhan dari segala jenis, lalu Kami keluarkan darinya yang hijau”

 

Dari sisi lain, Rasulullah menghimbau kita untuk hal ini:

“Seorang muslim tidak menanam tanaman lalu seekor burung, manusia atau binatang memakan dari tanaman itu melainkan Allah menulis baginya sedekah”

(Hadits Muttafaqun Alaih, Lu’lu Walmarjan, Hadits ke 1001)

 

“Barangsiapa merawat pohon sampai tegak dan berbuah,  Maka setiap kali ada yang memakan buahnya terhitung sedekah baginya di sisi Allah” (H.R. Ahmad, 4, 51, 5, 274)

Jika Allah Swt telah memberikan kita kemudahan dalam melakukan sedekah dengan cara menanam pohon, Apakah anda akan menanam pohon di pekarangan rumah anda?

Dan Islam menekankan pemberdayaan tanah dengan cara menanam tanaman dalam hadits “Barangsiapa menghidupkan tanah, maka itu menjadi miliknya” (HR. Abu Daud 2073)

Yuk, cari tahu fakta lainnyanya di buku Ensiklopedia Sains Islami!

 

Sumber: Ensiklopedia Sains Islami, Biologi 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *