April 18, 2018 Ensiklopedia Sains Islami | Pustaka Pelangi

Cinta dan Benci dalam Kasus Bersin dan Menguap

Tentu kita semua pernah mengalami bersin dan menguap dalam keseharian kita bukan? Mengapa Rasulullah SAW membenci orang yang menguap dan ada cinta pada orang yang bersin?

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعُطَاسَ وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ فَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَحَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُ أَنْ يُشَمِّتَهُ وَأَمَّا التَّثَاؤُبُ فَإِنَّمَا هُوَ مِنْ الشَّيْطَانِ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ فَإِذَا قَالَ هَا ضَحِكَ مِنْهُ الشَّيْطَانُ

“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Maka apabila salah seorang dari kalian bersin dan dia memuji Allah, maka menjadi haknya atas setiap muslim yang mendengarnya untuk membaca, “Semoga Allah Mengasihimu”. Adapun menguap, termasuk perbuatan syetan. Maka Apabila salah seorang dari kalian menguap, hendaklah ia menahannya semampunya. Sebab, jika salah seorang diantara kalian menguap, maka syetan menertawakannya.” (HR. Al-Bukhari)

Menurut analisis kalangan medis zaman sekarang, menguap menunjukkan kebutuhan otak dan tubuh akan oksigen dan nutrisi serta ketidakmampuan system pernafasan memberikan oksigen yang dibutuhkan otak dan tubuh. Kondisi ini sering terjadi ketika mengantuk, pingsan, dan menjelang mati.

Menguap disebabkan karena kekenyangan dan beratnya badan dikarenakan banyak makan. Menguap berarti menarik nafas dalam-dalam melalui mulut, padahal mulut bukanlah jalur yang biasa digunakan untuk menarik nafas, sehingga ia pun tidak memiliki sistem pembersih udara sebagaimana yang ada pada hidung.

Jika mulut tetap membuka ketika menguap , maka berbagai jenis kuman, debu, kotoran, akan ikut masuk ke dalam tubuh bersama udara yang dihisapnya. Untuk itulah, Rasulullah SAW memerintahkan kita menahannya semampu kita, dan jika memang tidak mampu, kita dianjurkan untuk menutup rapat mulut dengan telapak tangan kanan atau punggung tangan kiri.

Berbeda dengan menguap, bahwa bersin adalah keluarnya udara dengan kuat dan tiba-tiba diikuti dengan keluarnya udara dari dalam paru-paru melalui hidung dan mulut sekaligus menyapu bersih debu, kotoran dan kuman yang sempat terserap ke sistem pernafasan. Rasulullah SAW menjelaskan bagaimana orang yang bersin harus didoakan. Karena itu, hal yang wajar jika bersin ini dinyatakan berasal dari Allah SWT lantaran unsur manfaatnya bagi tubuh. Sementara menguap itu dinyatakan berasal dari Syetan karena mengandung bahaya bagi tubuh.

Dengan membaca Ensiklopedia Sains Islami ini kita dapat mengetahui Sunnah Rasulullah dan alasan medis dari anjuranNya tersebut. Anjuran Rasulullah Apa lagi ya….yang ada di semua jilid Ensiklopedia Sains Islami ini?

Yuk baca penjelasan lengkapnya di buku #EnsiklopediaSainsIslami jilid Medis 1.

Yuk  koleksi semua jilidnya!

Sumber : Ensiklopedia Sains Islami – Jilid Medis 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *