April 19, 2018 Ensiklopedia Pengetahuan Al-Quran dan Hadits | Pustaka Pelangi

Bagaimana Doa yang Seharusnya Kita Panjatkan?

Ensiklopedia Pengetahuan Al-Quran dan Hadits | Pustaka Pelangi

Bagaimana doa yang seharusnya kita panjatkan? Pasti diantara kita setiap sholat sering membaca doa agar sehat, agar bisnis lancar, sukses, punya banyak harta dan punya banyak anak dan lain-lain, tapi apakah doa yang kita baca Allah menyukai doa tersebut? Dan Bagaimana doa yang seharusnya kita panjatkan?

Sering sekali doa ini dipanjatkan oleh kita, yaitu biasa dikenal doa sapu jagat. Apakah anda tahu kisah dibalik turunnya ayat tersebut?

 

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

RABBANAA AATINAA FIDDUN YAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.

Artinya:
”Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta lindungilah kami dari siksa neraka”

 

Sebab turunnya ayat diatas adalah diriwatkan oleh Ibnu Abu Hatim dari ibnu Abbas yang berkata;

“Suatu golongan dari kalangan Arab biasa datang ke tempat Wukuf lalu berdoa” : ‘Ya Allah, Jadikanlah tahunku ini tahun hujan dan tahun kesuburan, serta tahun kasih sayang dan kebaikan.’ Tanpa menyebut-nyebut soal akhirat walau sedikit pun. Allah pun menurunkan ayat tentang mereka:

‘Di antara manusia ada yang mengatakan, ‘Ya Tuhan kami berilah kami (kebaikan) di dunia, tetapi tiadalah bagian di akhirat,’ (QS. Al-Baqarah:200) Setelah itu datanglah golongan lain, yakni orang-orang yang beriman yang memohon:

‘Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta lindungilah kami dari siksa neraka’ (QS Al-Baqarah :201)

 

Dan Allah berfirman:

‘Mereka itulah yang beroleh bagian dari apa yang mereka usahakan, dan Allah sangat cepat perhitungannya.(QS Al-Baqarah:202)”’

Di dalam ayat ini Allah menyebutkan manusia yang memperoleh keuntungan dunia akhirat, yaitu orang-orang yang di dalam doanya selalu meminta supaya mendapatkan kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat, dan terjauh dari siksa api neraka.

 

Dari kisah diatas maka kita perlu membaca doa tersebut, dan jika anda memiliki doa yang spesifik mengenai perkara dunia maka hubungkanlah dengan perkara Akhirat. Sebagai contoh Anda ingin memiliki banyak uang maka Anda dapat memohon doa agar Allah memberi Anda rezeki agar  Anda dapat banyak bersedekah, menyumbang untuk Panti Asuhan, Menyantuni anak yatim piatu, dan lain sebagainya. Serta yang paling penting memohon perlindungan dari siksa api neraka.

Semoga artikel ini bermanfaat, anda dapat mengetahui sebab-sebab Rasulullah menganjurkan doa-doa yang harus dibaca lainnya.

Yuk Koleksi Buku seri Ensiklopedia Pengetahuan Al-Quran dan Hadits

Sumber: Ensiklopedia Pengetahuan Al-Quran dan Hadits Seri 1

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih detail ...

Ngobrol di WhatsApp yuk!