April 20, 2018 Tafsir Al-Qur’an Tematik | Pustaka Pelangi

Apa Saja Ya Hak Kepemilikan Perempuan?

 

Tafsir Al-Qur’an Tematik | Pustaka Pelangi

Apakah anda setuju dengan asumsi kebanyakan orang mengenai perempuan hanya di 3 tempat ini “Dapur, Kasur, Sumur”? Banyak pula orang yang yang menjadikan alasan untuk melarang keterlibatan perempuan dalam berbagai bidang.

Perempuan sama halnya dengan laki-laki, mereka memperoleh hak atas hasil kerjanya. Al-Quran menegaskan hak kepemilikan perempuan dalam Surat An-Nisa [4] ayat 32, sebagai berikut:

وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللَّهُ بِهِ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ لِلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبُوا ۖ وَلِلنِّسَاءِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبْنَ ۚ وَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. (Karena) bagi laki-laki ada bagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Di Zaman Nabi pun telah diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah, bahwa Bibi Jabir diceraikan oleh suaminya . Dimasa ‘iddahnya, Janda tersebut bermaksud untuk memanen kurmanya, tetapi dilarang keluar rumah.

Melalui seseorang, perempuan itu memohon izin kepada Nabi dan ternyata Nabi menjawab, “Betul, petiklah kurmamu, sebab barangkali kamu dapat bersedekah dengannya, atau berbuat kebaikan.” (Riwayat Muslim dari Jabir Bin Abdullah).

Oleh Karena itu, apabila seorang perempuan mampu memiliki harta, baik dari hasil usaha atau kerja sendiri, ataupun sebab lain, kepemilikan itu tetap sah secara hukum.

Berkaitan dengan hal itu, dalam buku Tafsir Al-Qur’an Tematik juga dibahas pandangan islam tentang hak bekerja bagi perempuan, hak pengelolaan harta, hak mendapatkan nafkah, dan hak mendapatkan mahar (maskawin), dan hak menerima wasiat.

 

Yuk, Koleksi semua semua jilid Tafsir Al-Qur’an Tematik

Sumber:Tafsir Al-Qur’an Tematik Jilid 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *