April 20, 2018 Ensiklopedia Pengetahuan Al-Quran dan Hadits | Pustaka Pelangi

Allah Swt Menanyakan Kabarmu di Dua Waktu

Ensiklopedia Pengetahuan Al-Quran dan Hadits | Pustaka Pelangi

Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan Sehat, pasti kita semua memiliki kesibukan masing-masing bukan? Ada yang Sekolah, bekerja, kuliah, dan aktivitas lainnya.

 

Tapi tahukah anda dalam kesibukan anda sehari-hari anda selalu dijaga oleh malaikat yang saling bergantian?

Dan siapakah malaikat yang selalu mencatat amal perbuatan kita sehari-hari?

Dan kapan hari pelaporan amal manusia disampaikan kepada Allah SWT?

Apakah tiap tahun, atau hanya sekali saja pada saat di Yaumil akhir?

 

Pasti kita sering mendengar ada malaikat yang menemani kita di bahu kanan dan bahu kiri yaitu yang mencatat amal baik dan amal buruk, dua malaikat ini adalah  malaikat Kiraman Katibin yang termasuk golongan hafazhah (para penjaga).

Kedua malaikat ini disebutkan dalam Al-Quran:

“Dan sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu).” (QS. AL-Infithar: 10-11)

 

Menurut syariat islam, jika ada seseorang yang melakukan amal (perbuatan) yang paling dominan, maka ia akan dikirim berdasarkan perbuatan semasa hidupnya di dunia, entah surga atau neraka.

Apakah anda tahu Allah Swt selalu menanyakan kabar setiap hambanya kepada malaikat? Inilah bukti kasih sayang Allah terhadap setiap hamba-hambanya. Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah Ra, bahwa Rasulullah Saw Bersabda:

“Para malaikat berkumpul pada saat shalat shubuh lalu para malaikat (yang menyertai hamba) pada malam hari (yang sudah bertugas malam hari hingga subuh) naik (ke langit), dan malaikat pada siang hari tetap tinggal. Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu shalat ashar dan malaikat yang ditugaskan siang hari (hingga shalat ashar) naik (ke langit) sedangkan malaikat yang bertugas padamalam hari tetap tinggal, lalu Allah bertanya kepada mereka: ‘Bagaimana kalian meninggalkan hambaku?’ Mereka menjawab: ‘Kami datang sedangkan mereka sedang melakukan shalat. Maka ampunilah mereka pada hari kiamat.” (HR. Ahmad)

 

Ternyata Hadist di atas Allah Swt sangat memperdulikan kita, Allah Swt menanyakan kepada malaikat-malaikatnya pada waktu Shubuh dan Ashar, atas amal perbuatan yang dilakukan oleh setiap hamba-Nya, dan para malaikat melaporkan keadaan terakhir setiap hamba-Nya.

Semoga kita termasuk hamba-hamba yang beriman dan bertakwa seperti hadist di atas yaitu ketika malaikat tersebut datang kita dalam keadaan sholat, dalam keadaan berwudhu, dan dalam keadaan beriman kepada Allah Swt. Aamiin

Jangan sampai ketika Allah menanyakan kabar kita di waktu subuh sedang tertidur lelap, hingga tidak sholat subuh dan Ashar dalam perjalanan hingga akhirnya kemagriban dan tidak sholat Ashar. Na’udzubillahi mindzalik

 

Yuk, Koleksi dan cari tahu fakta lainnya di buku Ensiklopedia Pengetahuan Al-Quran & Hadist!

 

Sumber: Ensiklopedia Pengetahuan Al-Quran & Hadist, seri 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *