January 6, 2016 “Aku Diutus untuk Menyempurnakan Akhlak”

“Aku Diutus untuk Menyempurnakan Akhlak”

Umumnya orangtua memberikan pendidikan kepada anak-anaknya agar mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang baik. Beberapa orang menganggap bahwa mencari ilmu merupakan tujuan pendidikan. Yang lainnya menganggap bahwa tujuan pendidikan adalah untuk melayani masyarakat atau menciptakan warga negara yang baik. Ada banyak lagi tujuan lainnya.

Namun, tujuan pendidikan dalam Islam adalah untuk menjadi hamba Allah SWT yang taat dan berakhlak mulia : Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku (QS Al Dzariyat [51]:56.

Pendidikan seharusnya dapat mengarahkan kecenderungan alamiah manusia menuju arah yang benar Dan memungkinkan mereka menjadi hamba Allah SWT. yang bersyukur, baik secara mental, fisik, moral, maupun praktis. Sebab, misi pengutusan Nabi Muhammad Saw. pada dasarnya adalah untuk Menyempurnakan Akhlak manusia. Melalui pendidikan, kepribadian manusia dibentuk sehingga mereka selalu berpikir, berencana dan bertindak sesuai dengan kehendak Sang Pencipta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *