February 4, 2016 Agar Anak Lebih Suka Buku Daripada Gadget

Agar Anak Lebih Suka Buku Daripada Gadget

Sekarang ini tapa sadar kita digempur oleh gadget. Smartphone, tablet, notebook, laptop dengan berbagai variasi menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Tanpa sadar banyak juga orangtua menjadikan kebiasaan “bermain” gadget itu menjadi contoh bagi anak-anaknya, bahkan tanpa sadar banyak orangtua yang mengenalkan gadget kepada anak mereka, dengan memperlihatkan berbagai permainan yang dengan mudah dapat dimainkan di gadget. Sungguh tidak sehat bagi si kecil bila sudah terbiasa dengan gadget, sebab akan mengganggu perkembangan sosialnya.

Untuk mencegah agar anak tidak terbiasa dengan gadget, maka harus dimulai dari Ayah dan Bunda yang harus bisa menahan diri untuk tidak selalu dan terlalu sibuk dengan gadget yang dimiliki. Tinggalkan gadget untuk bermain bersama anak, salah satunya adalah mengenalkan buku terhadap anak.

• Biasakan membaca buku di rumah 
Kebiasaan baik harus dimulai dari lingkungan terdekat, yaitu keluarga. Mengajak anak untuk terbiasa membaca buku rumah akan membuatnya sadar pentingnya membaca buku. Ayah dan Bunda bisa memulainya dengan buku dongeng anak-anak yang disukainya, bahkan sebelum mereka masuk TK atau SD.

• Tak masalah membaca buku yang sama berulang kali
Ketika anak-anak menyukai sesuatu, ia akan terus mengulang hal itu lagi dan lagi. Jangan bosan menemaninya membaca satu buku berulang kali, meski ia sudah hafal isi cerita namun kesenangan yang sama masih dirasakan anak, jadi temani saja sambil kamu mengenalkan buku cerita yang lainnya.

• Buat kegiatan yang berhubungan dengan cerita di buku
Ada baiknya Ayah dan Bunda membuat kegiatan yang berhubungan dengan cerita buku agar anak senang, seperti misalnya menggambar atau mewarnai gambar Cinderella dan lain sebagainya. Hal ini juga bisa sekaligus melatih keterampilan motorik dan kreativitasnya.

• Hubungkan cerita buku dengan kehidupan nyata
Ada banyak pelajaran berharga dari cerita dongeng, fabel dan cerita anak-anak lainnya yang bisa dihubungkan dengan kehidupan nyata, kegiatan sehari-hari dan pembentukan karakter anak. Saat mengajarkan sesuatu, biasanya anak lebih paham jika Ayah dan Bunda menghubungkan dengan cerita yang pernah ia dengar dan lihat dari cerita anak-anak.

Jadi, tidak sulit sebenarnya membiasakan anak membaca, asal kebiasaan itu juga tumbuh lebih dulu di kehidupanmu dan anak bisa menirunya dari orangtua. Yuk ajarkan anak untuk lebih mencintai buku daripada gadgetnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *