February 23, 2015

10 tahun Halo Balita

Balita adalah masa paling penting dalam fase pendidikan anak. Pada usia 0 – 4 tahun pertumbuhan sel jaringan otak anak, mencapai 50%. Jika pada masa tersebut, otak anak tidak mendapat asupan yang baik, seperti belaian yang hangat, bermain, dan berkomunikasi, maka pertumbuhan otak anak akan tidak maksimal. Di usia selanjutnya, 5 – 8 tahun, 80% kapasitas kecerdasan manusia sudah terbentuk. Selanjutnya kapasitas kecerdasan manusia akan terbentuk 100% ketika mencapai usia 18 tahun.

Tahun penting dari perkembangan anak, berada di usia dini 0 – 8 tahun. Di periode inilah, anak akan belajar dengan seluruh panca inderanya, dan akhirnya membentuk karakter dan intelektualnya di masa depan. Di periode ini secara bertahap anak akan mendapat pelajaran Fisikal (kordinasi motorik halus dan kasar), Intelektual (daya pikIr, daya cipta), Kecerdasan Emosi (sikap dan perilaku), Bahasa & Kecerdasan Spiritual (Agama).

Melihat periode emas pertumbuhan anak tersebut, Pelangi MIZAN terpanggil untuk menyusun satu paket produk yang berisi buku dan produk pendukung nya, bernama Halo Balita. Produk ini dibuat sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak usia dini sampai 8 tahun, dan dibagi dalam 3 tema utama; Value/Akhlak, Self-help/Kemandirian, dan Spiritual/Agama. Paket produk Halo Balita terdiri dari 25 buku cerita untuk anak, dengan pembagian tema di atas, 3 Boneka Tangan, buku Panduan Orangtua, dan 1 jilid Hello Kids berisi kisah dalam buku utama dalam versi Bahasa Inggris.

Halo Balita pertama kali diterbitkan pada tahun 2005, oleh Pelangi MIZAN. Produk ini merupakan edisi pengembangan dari Seri Cerita Balita yang terbit lebih dulu, dalam format buku satuan/dijual terpisah per judul. Dibuatlah satu konsep yang utuh produk Balita, dan jadilah Halo Balita dengan tema utama; Value, Self-Help, dan Spiritual. Masing-masing tema tersebut, dibuat dalam sejumlah jilid eksklusif, dengan format board-book yang tahan lama dan pilihan bahan yang aman untuk Balita.

Dengan pilihan tema dan judul yang lengkap untuk pendidikan anak dini, produk ini diakui sebagai alat bantu bagi orangtua dalam mengajarkan nilai-nilai lewat cerita. Pilihan judul seperti Aku Bisa Mandi Sendiri, Aku Berani Tidur Sendiri, dan Merapikan Mainan Sendiri, mengirimkan pesan pada anak Balita, lewat cerita yang menyenangkan. Orangtua ketika membacakan cerita tersebut, bisa membuat penegasan pada anak, dalam suasana yang menyenangkan. Setiap judul di seri ini, dibuat sedemikian menarik dari sisi cerita dan ilustrasi khas Balita. Teks yang ditampilkan tidak banyak, tapi dibuat fungsional sebagai pembawa pesan cerita, dan pesan nilai-moral dalam cerita. Latar belakang cerita dibuat sangat realistis, berdasarkan latar kehidupan anak-anak Muslim di Indonesia sehari-hari. Dengan demikian, pesan bisa dengan mudah disampaikan pada anak.

Selama 10 tahun produk ini dipasarkan, telah terjual puluhan ribu set, dan angkanya masih bertambah sampai saat ini. Produk ini tidak hanya dibeli oleh konsumen di Indonesia, tapi juga yang WNI yang berada di luar negeri seperti Malaysia, Australia, Jepang, negara-negara Timur Tengah, dan Amerika. Produk Halo Balita dipasarkan oleh para Marketing (Book Advisor/BA), yang mayoritas adalah para ibu rumah tangga, yang memasarkan secara independen. Para BA yang tergabung di unit distribusi Mizan Dian Semesta (MDS) ini, bisa sangat fasih menjelaskan manfaat produk Halo Balita, karena pada awalnya, mereka pun adalah pembaca dan orangtua yang peduli pada pendidikan anak-anaknya.

Tahun 2015 ini merupakan perayaan 10 tahun kebersamaan Halo Balita di setiap rumah keluarga pembacanya. Halo Balita telah ikut membesarkan pembacanya, sehingga mereka menjadi pribadi yang mandiri, cerdas, berperilaku mulia, dan tentunya menjadi pribadi yang shaleh. Perayaan ulang tahun Halo Balita telah dilangsungkan sebagai salah satu mata acara di #MotherPreneur – Annual Meeting Marketing Pelangi MIZAN/MDS, 14 – 15 Feb 2015 di Hotel Clarity, Bandung. Acara ini dihadiri oleh para Book Advisor perwakilan dari seluruh Indonesia. Selamat Ulang Tahun Halo Balita!

disadur dari www.halobalita.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih detail ...

Ngobrol di WhatsApp yuk!